- 1. Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan pendidikan umum di perguruan tinggi.
a. Memahami
dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang
ada dalam masyarakat. Maksudnya adalah kita sebagai Mahasiswa dan Mahasiswi
diharapkan mampu mengidentifikasi dan juga menelaah baik kenyataan-kenyataan
sosial yang terjadi di lingkungan sosial kita maupun masalah-masalah sosialnya.
b. Peka
terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha
menanggulanginya. Mahasiswa dan Mahasiswi diharapkan mampu mengantisipasi
masalah-masalah sosial yang terjadi dalam lingkungan sosial mereka, dan tanggap
dalam upaya penanggulangan masalah-masalah tersebut
c. Menyadari
bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat
kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara
kritis-interdisipliner. Mahasiswa dan Mahasiswi mampu menyadari tingkat
kerumitan dalam setiap masalah sosial yang terjadi, dimana Mahasiswa dan
Mahasiswi hanya dapat melakukan pendekatan pembelajaran dalam masalah tersebut
secara kritis-interdisipliner.
d. memahami
jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat
berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang
timbul dalam masyarakat. Mahasiswa dan Mahasiswi mampu memahami teori para ahli
dari bidang ilmu pengetahuan lain sehingga dapat berkomunikasi dengan baik
terhadap para ahli tersebut dalam upaya penanggulangan masalah sosial yang
timbul dan terjadi dalam masyarakat.
- Menjelaskan 3 kemampuan yang diharapkan dihasilkan dari lulusan perguran tinggi
a. Ilmu-ilmu
Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal
ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku
mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan
suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan.
b. Ilmu-ilmu
sosial ( social scince ) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk
mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu
alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran.
Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah
dari saat ke saat.
c. Pengetahuan
budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti
kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan
metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat
unik, kemudian diberi arti.
- 3. Jelaskan pengertian ISD
Ilmu Sosial Dasar adalah
pengetahuan yang menelaah masalah-masalah social, khususnya masalah-masalah
yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan
pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang
ilmu pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social (seperti geografi
social, sosiologi, antropologi social, ilmu politik, ekonomi, psikologi social,
dan sejarah).
- 4. Sebutkan tujuan ISD
a. Tujuan umum
diselenggarakannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan
pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan
pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya,
khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya
tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat
dipertajam.
b. Tujuan khusus:
· Memahami
dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah-maslah social yang
ada dalam masyarakat.
· Peka terhadap masalah-maslah social dan
tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
· Menyadari
bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat
kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
· Memahami
jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat
berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka penanggulangan maslah social yang
timbul dalam masyarakat.
- 5. Sebutkan 3 kelompok ilmu pengetahuan
Pengelompokan ilmu pengetahuan ini
yang mendasari pengembangan Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu
Budaya Dasar, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Alamiah Dasar bisa di satu
keterkaitkan dengan IPA Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Sosial Dasar bisa di
satu keterkaitkan dengan IPS Ilmu Pengetahuan Budaya dan Ilmu Budaya Dasar bisa
di satu keterkaitkan dengan Humaniora pada dasarnya semuanya saling
keterkaitkan dengan salah satu bidang yang sama dan tujuan yang sama.
· Penjelasan
Ilmu Pengetahuan Alam adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun
ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan
umum, berlaku kapan pun dimana pun. sedangkan dari sisi Ilmu Alamiah Dasar adalah
mempelajari tentang metode - metode ilmu kealaman dalam menjelaskan gejala -
gejala alam secara lebih filosofis.
· Penjelasan
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari
aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Sedangkan
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah - masalah sosial,
khususnya masalah - masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan
menggunakan teori - teori seperti (fakta, konsep, teori) yang berasal dari
berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu - ilmu sosial seperti
(Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi,
Psikologi Sosial dan Sejarah).
· Penjelasan
Ilmu Pengetahuan Budaya adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan
membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya.
Kategori yang tergolong dalam ilmu ini seperti (Teologi, Filsafat,H ukum,
Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa), Kesusastraan,
Kesenian, Psikologi). Sedangkan Ilmu Budaya Dasar adalah suatu ilmu yang
mempelajari dasar dasar kebudayaan pola yang terjadi dalah kehidupan sehari -
hari dalam manusia.
- 6. Jelaskan perbedaan antara ilmu pengetahuan social dasar dan ilmu pengetahuan social
a. Ilmu
Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial
diberikan hanya di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
b. Ilmu
Sosial Dasar merupakan satu matakuliah yang tunggal, sedangkan Ilmu
Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk
sekolah lanjutan).
c. Ilmu
Sosial Dasar lebih tertuju kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang
Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan
ketrampilan intelektual.
- 7. Jelaskan persamaan antara ilmu pengetahuan social dasar dan ilmu pengetahuan social
a. Keduanya
sama-sama merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
b. Keduanya
bukan berada dalam disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c. Keduanya
mempunyai materi yang terdiri dari fakta sosial dan masalah sosial.
- 8. Berikan cobtoh masalah social di lingkungan anda dan bagaimana solusinya
Tindak
kejahatan
Kriminalitas atau tindak kriminal
segala sesuatu yang melanggar hukum atau sebuah tindak kejahatan. Pelaku
kriminalitas disebut seorang kriminal. Tindak kejahatan pencurian dan
perampokan sering disebakan oleh masalah kemiskinan dan pengangguran. Korupsi
sebenarnya tak jauh beda dengan mencuri. Yakni mencuri sesuatu yang bukan
haknya dengan cara-cara tertentu. Uang atau barang yang telah dipercayakan
untuk dikelola diambil untuk kepentingan dirinya. Aparat keamanan, terutama
polisi harus mampu memberantas tindak kejahatan. Masyarakat diharapkan membantu
polisi.Ada beberapa cara untuk mengatasi tindak kriminal, diantaranya sebagai
berikut
· Mengenakan
sanksi hukum yang tegas dan adil kepada para pelaku kriminalitas untuk
memberikan efek jera kepada para pelaku agar tidak mengulangi kembali
tindakannya
· Mengaktifkan
peran serta orang tua dan lembaga pendidikan dalam mendidik anak. Hal ini
merupakan dari pencegahan (preventif) untuk mencegah terjadinya tindakan
kriminal dan mencegah menjadi pelaku tindakan kriminal.
· Selektif
terhadap budaya asing agar tidak merusak nilai budaya bangsa sendiri. Karena
setiap budaya luar belum tentu baik untuk budaya kita.
· Menjaga
kelestarian nilai norma dalam masyarakat dimulai sejak dini melalui pendidikan,
seperti sekolah , pengajian dan organisasi masyarakat.
· Melakukan
pelatihan atau kursus keahlian bagi para pelaku tindak kriminal agar memiliki
keterampilan yang dapat dilakukan untuk mencari lapangan pekerjaan.
https://erwinari.wordpress.com/2013/11/15/ilmu-sosial-dasar-sebagai-komponen-mata-kuliah-dasar-umum/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar