A. Pengertian
e-business / Electronic business dapat didefinisikan sebagai
aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses
pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan
salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah
dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk,
dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada
sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar
melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet.
Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM
B. Jenis-jenis
- B2B, adalah bisnis yang dilakukan sebuah perusahaan dengan perusahaan lain(antara perusahaan) baik itu perusahaan yang bergerak pada bidang yang sama ataupun berbeda dengan menggunakan media Internet. B2B biasa dilakukan untuk menghemat biaya transaksi. Pembayaran biasanya dilakukan berdasarkan kesepakatan sebelumnya. Meskipun tentu saja pemesanan barang ini dapat dilakukan dengan mengangkat telepon. Salah satu contoh perusahaan di Indonesia yang menerapkan konsep B2B adalah situs www.dagang2000.com milik PT Indosat Adimarga dan www.indonesianexport.com milik PT e-Commerce Nusantara.
- B2C, dapat diartikan sebagai jenis perdagangan elektronik dimana ada sebuah perusahaan yang melakukan penjualan langsung barang-barangnya kepada pembeli Kesuksesan dari B2C pada dasarnya dikarenakan faktor penawaran barang kualitas tinggi dengan harga murah dan banyak pula dikarenakan pemberian layanan kepada konsumen yang cukup baik Contoh perusahaan kelas dunia yang telah menerapkan B2C adalah www.Amazon.com dan www.WSJ.com
- Business to Administrator, adalah sebuah kegiatan memanagement semua aspek bisnis yang dibangun untuk bisa membangun dan mengembangkan bisnis yang dilakukan sesuai dengan sasaran dan tujuan dari pembagun bisnis yang dilakukan. Sebagian besar perusahaan memiliki sebuah kelompok khusus administrator yang bekerja untuk memastikan hal ini terjadi. Contoh situs yang menggunakan konsep ini adalah www.emagister.net
- Brokerage, adalah orang yang menyediakan pasar, brokerage memiliki peran dalam mempertemukan dan memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli. Brokerage sering memainkan peran dalam bisnis-to-business (B2B), business-to-konsumen (B2C), atau konsumen-ke-konsumen (C2C). Keuntungan didapat oleh brokerage dari komisi yang diberikan oleh pihak yang terlibat dalam transaksi baik itu penjual atau pembeli. Contoh situsnya seperti www.respond.com atau www.paypal.com
- Seller Driven Market, adalah jenis pasar penjualan elektronik komoditas, dimana dalam pasar ini terjadi kelangkaan komoditas atau barang yang mendasar yang mengakibatkan harga menjadi mahal karena permintaan atas barang / pasokan yang amat tinggi. Contoh situs yang mengaplikasikan pasar ini adalah www.lelangmurah.com
- Buyer Driven Market, adalah jenis pasar elektronik yang berlawanan dengan pasar Seller driven market. Dalam pasar ini bisanya terdapat banyak sekali situs atau penjual yang menawarkan sebuah produk yang sama sehingga dengan demikian pembeli memilki kesempatan untuk memilih. Ketika keadaan pasar seperti ini biasanya harga barang yang ditawarkan oleh penjual akan cenderung murah. Contoh situs yang cukup terkenal dengan konsep ini misalnya www.buyers-market.net
C. Ruang Lingkup
- Dimensi What - Wilayah e-bisnis mencakup kolaborasi antara organisasi dan mitranya, interaksi antara organisasi dan pelanggannya, pertukaran informasi antara organisasi dengan para stakeholder, dan lain sebagainya.
- Dimensi Who - Entitas-entitas yang berinteraksi dalam suatu sistem ebisnis dapat diklasifikasikan menjadi: Agent, Business, Consumer, Device, Employee, Family, and goverment.
- Dimensi Where - Kegiatan e-bisnis dapat dilakukan di mana saja, sejauh pihak-pihak yang berkepentingan memiliki fasilitas elektronik sebagai kanal akses (access channel)
- Dimensi Why - Penerapan e-bisnis tidak saja menguntungkan organisasi karena banyaknya komponen biaya tinggi yang dapat dihemat, tetapi juga memberikan kesempatan kepada organisasi untuk menaikkan tingkat pendapatannya.
D. Kunci Sukses
- Fokus, Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari manajer produk.
- Banner berupa teks, karena respons yang diperoleh dari teks jauh lebih tinggi dari gambar.
- Ciptakan 2 level afiliasi, Memiliki distributor penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
- Manfaatkan kekuatan e-mail, E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail
- Menulis artikel, Kebanyakan penjualan dari proses edukasi atau sosialisasi, menulis untuk menarik pembeli.
- Komunikasi instan. Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli untuk menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.
E. Contoh analisa kasus
sukses e-Business
Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor
1 Indonesia dapenggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6
November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald
Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle,
Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus
memiliki lebih dari 3,4 juta pengguna terdaftar. Pengguna kaskus umumnya
berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia
maupun di luar Indonesia.
Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula
dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat
ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view
melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga bulan September 2011, Kaskus sudah
mempunyai lebih dari 416 juta posting. Kaskus.us menyediakan berbagai artikel
unik dan menarik. Kaskus juga adalah sebuah situs berbasis bulletin board
service atau forum yang menjadi no 1 Indonesia community. Kaskus juga termasuk
forum jual beli. Forum jual beli tersebut diberlakukan system e-commerce karena
transaksi elektronik. Untuk memudahkan kaskus memberikan transaksi online yang
mudah yang dinamakan kaskus e-pay. Dalam hal jual beli kaskus telah
berkontribusi besar bagi dunia e-business di Indonesia. Untuk itu menurut saya
e-bisnis yang terbaik di Indonesia saat ini adalah kaskus.us. Sebab kaskus
memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri dibandingkan dengan yang lain
kelebihan-kelebihan tersebut antara lain adalah :
- Kaskus berupa forum yang memiliki anggota terbesar diseluruh Indonesia dan member kaskus biasanya membuat thread paling update sehingga anda tidak ketinggalan jaman.
- The Lounge menyediakan banyak artikel unik yang sebelumnya mungkin banyak orang yang tidak mengetahuinya.
- CCPB mempermudah kita untuk mencari software serta jamunya(crack)
- Kaskus merupakan forum asli buatan Indonesia
- Dalam FJB ( forum jual-beli) kaskus menyediakan berbagai barang dalam berbagai bentuk dan rupa, baik baru maupun bekas.
- Emoticon serta member kaskus.us sangat lucu dan humoris. Emoticon lucu ini mampu membuat members terbebas dari rasa bosan dan jenuh karena tidak hanya disuguhi tulisan kaku, tetapi ada emoticon gerak.
- Kaskus.us menyediakan subforum yang sangat banyak. Sehingga dapat membuat para membernya nyaman dan lebih kreatif.
- Kaskus.us dapat menjadi forum kebersamaan serta komunitas tertentu.
Dan yang paling penting adalah mayoritas member kaskus.us
merupakan orang asli Indonesia yang sangat mendukung kemajuan negri tercinta
ini.
Selain itu kaskus.us juga selalu mengembangkan inovasi
terbaru. Inovasi ini antara lain adalah dengan berkerja sama dengan inTouch
Innovate Indonesia dengan menghadirkan aplikasi Kaskus ODP, sehingga memberi
keleluasaan kepada Kaskuser saat mengakses aplikasi melalui ponsel berbagai
tipe dan merk. Dan sejak diluncurkanya aplikasi kaskus ODP ini, jumlah
pengakses kaskus mobile selalu meningkat.
F. Referensi
- http://fatlyrisky.blogspot.com/2013/01/5-perusahaan-e-business-terbaik-di.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar