Aplikasi Siklus
Pengeluaran
Sikklus Pengeluaran adalah rangkaian kegiatan bisnis
dan operasional pemrosesan data terkait yang berhubungan dengan pembelian serta
pembayaran barang dan jasa.Tujuan utama dalam siklus pengeluaran adalah
untuk meminimalkan biaya total memperoleh dan memelihara persediaan,
perlengkapan, dan berbagai layanan yang dibutuhkan organisasi untuk berfungsi.
Ruang Lingkup Siklus
Pengeluaran
Aktivitas Bisnis Siklus Pengeluaran :
1. Memesan
barang, Perlengkapan dan jasa (layanan)
Aktivitas
utama pertama dalam siklus pengeluaran adalah memesan persediaan atau
perlengkapan. Aktivitas utama pertama dalam siklus pengeluaran adalah memesan
persediaan atau perlengkapan. Metode pengendalian persediaan tradisional ini
sering disebut: kuantitas pesanan ekonomis [EOQ]). Pendekatan ini didasarkan
pada perhitungan jumlah optimal pesanan untuk meminimalkan jumlah biaya
pemesanan, penggudangan dan kekurangan persediaan.
2. Menerima
dan menyimpan barang, Perlengkapan dan jasa (layanan)
Menerima dan menyimpan
barang, Perlengkapan dan jasa (layanan) :Aktivitas bisnis utama kedua dalam
siklus pengeluaran adalah penerimaan dan penyimpanan barang yang dipesan.
Keputusan-keputusan penting
dan kebutuhan-kebutuhan informasi:
·
Bagian penerimaan mempunyai dua tanggung
jawab utama:
Memutuskan apakah menerima pengiriman
·
Memeriksa jumlah dan kualitas barang.
·
Dokumen-dokumen dan prosedur-prosedur.
·
Laporan penerimaan adalah dokumen utama yang
digunakan dalam subsistem penerimaan dalam siklus pengeluaran, laporan ini
mendokumentasikan rincian mengenai: setiap kiriman, termasuk tanggal
penerimaan, pengiriman, pemasok, dan nomor pesanan pembelian.
·
Bagi setiap barang yang diterima, laporan ini
menunjukkan nomor barang, deskripsi, unit ukuran, dan jumlah barang yang
diterima.
3. Membayar
barang, Perlengkapan dan jasa (layanan)
Aktivitas utama ketiga dalam
siklus pengeluaran adalah menyetujui faktur penjualan dari vendor untuk
pembayaran.
·
Bagian utang usaha menyetujui faktur
penjualan untuk dibayar
·
Kasir bertanggung jawab untuk melakukan
pembayaran tujuan utang usaha adalah untuk mensahkan pembayaran hanya untuk
barang dan jasa yang dipesan dan benar-benar diterima.
Ada dua cara untuk memproses faktur penjualan dari vendor
:
·
Sistem tanpa voucher
·
Sistem Vouche
Aktivitas Bisnis Siklus Pengeluaran :
1.
Memesan barang, Perlengkapan dan jasa (layanan)
Aktivitas
utama pertama dalam siklus pengeluaran adalah memesan persediaan atau
perlengkapan. Aktivitas utama pertama dalam siklus pengeluaran adalah memesan persediaan
atau perlengkapan. Metode pengendalian persediaan tradisional ini sering
disebut: kuantitas pesanan ekonomis [EOQ]). Pendekatan ini didasarkan pada
perhitungan jumlah optimal pesanan untuk meminimalkan jumlah biaya pemesanan,
penggudangan dan kekurangan persediaan.
Metode-metode pengendalian persediaan alternatif :
·
MRP (material requirement planning). Pendekatan
ini bertujuan mengurangi tingkat persediaan yang dibutuhkan dengan cara
menjadwalkan produksi, bukan memperkirakan kebutuhan. Sistem MRP menjadwalkan
produksi untuk memenuhi perkiraan kebutuhan penjualan, sehingga menghasilkan
persediaan barang jadi.
·
JIT (just
in time). Sistem JIT berusaha untuk meminimalkan, jika bukan menghilangkan,
baik biaya penggudangan maupun kekurangan persediaan. Sistem JIT menjadwalkan
produksi untuk memenuhi permintaan pelanggan, sehingga secara nyata meniadakan
persediaan barang jadi.
Dokumen-dokumen
dan prosedur-prosedur:
Permintaan pembelian adalah sebuah dokumen yang mengidentifikasikan
berikut ini:
·
Peminta dan mengidentifikasi nomor barang
·
Menspesifikasikan lokasi pengiriman dan
tanggal dibutuhkan
·
Deskripsi, jumlah barang, dan harga setiap
barang yang diminta
·
Dan dapat berisi pemasok yang dianjurkan
·
Menetukan pemasok (vendor)
Faktor-faktor
apakah yang harus dipertimbangkan dalam membuat keputusan adalah
·
Harga, kualitas bahan baku
·
Dapat diandalkan dalam melakukan pengiriman
Pesanan
pembelian adalah sebuah dokumen atau formulir elektronis yang secara formal
meminta pemasok untuk menjual dan mengirimkan produk yang disebutkan dengan
harga yang telah ditentukan. Pesanan pembelian juga merupakan janji untuk
membayar dan menjadi sebuah kontrak begitu pemasok menyetujuinya.
SubSistem
Siklus Pengeluaran
Subsistem penerimaan dalam siklus pengeluaran, laporan
ini mendokumentasikan rincian mengenai :
·
Setiap kiriman, termasuk tanggal penerimaan,
pengiriman, pemasok, dan nomor pesanan pembelian.
·
Bagi setiap barang yang diterima, laporan ini
menunjukkan nomor barang, deskripsi, unit ukuran, dan jumlah barang yang
diterima.
·
Membayar barang, Perlengkapa
SIKLUS PENGELUARAN |
SIKLUS PENGELUARAN |
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitYGH2q7FjxoHSKdR9tHj4eaz-6MxBaeHXu_GMnLmMZsJE0oRlQixfF0pimAfC9oDCgnBEwvKuCEknNiHosBlxC0onW7JHvnSiFAVNuBCMfbhARbhmIcFKoNKcLpEry2K8LoJq_yLNjxIC/s1600/Siklus+Pengeluaran2.png
Tidak ada komentar:
Posting Komentar